Jika Test Swab PCR Positif C-19; Bupati/Walikota Dilantik Lewat Virtual

Manado,SuaraKawanua—Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dijadwalkan melantik secara langsung 5 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada 26 Februari 2021 bertempat di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado.

Namun, bilamana Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota yang akan dilantik positif Covid-19 sesuai hasil test Swab PCR, maka yang bersangkutan hanya dapat mengikuti pelantikan secara virtual.

Demikian disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sulut, Dr Jemmy Kumendong MSi dalam rapat persiapan Pelantikan Bupati/Wabup dan Wali Kota/Wakil Wali Kota hasil Pilkada Serentak 2020, yang digelar di Ruang Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Rabu (24/02/2021).

Rapat yang dipimpin Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut Drs Edison Humiang MSi, turut dihadiri Kepala Biro Adpim Dantje Lantang, pejabat dari Kabupaten dan Kota yang Kepala Daerahnya akan dilantik.

Kumendong menjelaskan, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta undangan yang akan hadir pada pelantikan, wajib melakukan Swab PCR di Lab Unsrat pada 25 Februari 2021 Pukul 08.00 Wita.

“Untuk pengambilan hasil swab PCR, tanggal 25 Februari 2021 Pukul 14.00 wita,” ujarnya.

IMG_20210224_233758_640x448

Ia menegaskan kembali bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dan yang menerima undangan pelantikan jika mendapat hasil swab PCR Positif, maka tidak diperkenankan mengikuti pelantikan.

“Yang mendapat hasil swab positif, untuk pelantikannya direncanakan melalui virtual,” kata Kumendong.

Sementara gladi bersih pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dilaksanakan tanggal 25 Februari 2021 Pukul 15.00 Wita di Graha Gubernuran.

Sedangkan undangan, kata Kumendong dibatasi jumlahnya yakni hanya 10 orang dari setiap daerah yang melaksanakan pelantikan, yakni Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan dilantik, masing-masing istri, dua orang anak, masing-masing Ketua DPRD Kabupaten dan Kota, serta Pelaksana Hasian (Plh) Bupati/Walikota.

“Undangan hanya dibatasi. Bupati dan Wabup serta Wali Kota dan Wawali bersama masing-masing istri, dan undangan yang akan hadir, dua hari sebelum hari “H” pelantikan, wajib isolasi mandiri,” terang Kumendong.

Adapun 5 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan dilantik yakni;

1. Caroll Senduk – Wenny Lumentut (Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon).

2. Joune Ganda – Kevin Lotulung (Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara).

3. Franky Wongkar – Petra Rembang (Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan).

4. Iskandar Kamaru – Deddy Abdul Hamid (Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Selatan).

5. Sam Sachrul Mamonto – Oscar Manoppo (Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Timur).***/mmc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *