Pelaporan Pansus LKPJ 2019 Ke Polda Sulut, Frato CS Diduga “Kurang Paham Aturan”

SEKERTARIS LKPJ DPRD MINSEL 2019 Roby Sangkoy

Minsel,SuaraKawanua– Meski Pelaksaan Pansus LKPJ 2019 DPRD Minsel yang di komendani Frangky Jiro Lelengboto, sudah sampai ke Polda Sulut, tapi sepertinya laporan dari sejumlah anggota DPRD Minsel tersebut, dapat dikata kurang paham Aturan, hal itu dikarenakan Laporan Lelengboto CS tidak dilengkapi dengan surat tugas dari Ketua DPRD Minsel.

Hal ini benarkan oleh Sekertaris DPRD Minsel Joins Langkun SH Kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya 24/6-2020.

Menurut Langkun seharusnya Rekomendasi Pansus LKPJ DPRD Minsel peyampaiannya hanya sebatas kepada pihak Eksekutif bukan berbuntut ke pihak ke pihak penegak hukum atau Yudikatif. Dan penyampaian LKPJ ke Pihak Eksekutif diedline waktunya kurang lebih 30 hari.

” Yang pasti setahu kami tidak ada surat tugas dari pihak ketua DPRD Minsel terhadap sejumlah anggota DPRD Minsel, ini guna melaporkan temuan pansus ke pihak Polda Sulut.” kata Langkun.

Sementara Sekertaris Pansus LKPJ DPRD Minsel Roby Sangkoy yang ditemui media ini mengatakan, tugas dan fungsi anggota DPRD Minsel yaitu mejaring aspirasi dan melakukan pengawasan terhadap kinerja Eksekutif bukan menindak. Tapi saat ini ada sejumlah legislative yang sudah melakukan tupoksi secara berlebihan atau sudah tidak sesuai dengan aturan. Sebagai contoh Di Indonesia tidak pernah ada anggota legislative yang menyampaikan laporan ke pihak penegak hukum. Inikan merupakankan suatu keanehan.

Lagi Rosa menuturkan, meski Lelengboto merupakan Ketua Pansus LKPJ tapi sepertinya mereka kurang Pahan dengan apa yang dimaksud PP 13/2019 Pasal 20 tentang tupoksi Pansus LKPJ.

Menurut Rosa, pada PP nomor 13 tahun 2019 kususnya pada pasal 20, disitu jelas disebut bahwa Penyampaian LKPJ ke Bupati atau Pihak Eksekutif , batas waktunya 30 hari setelah diserahkan.

Dan hal ini hanya merupakan Rekomendasi bukan harus dilaporkan ke pihak penegak hukum jadi laporan ke Polda Sulut saya sebut anggota DPRD tersebut Ngaur atau kurang paham aturan.

“Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Pansus cuma menyangkut tiga (3) Item Diantarnya Penganggaran,Perencanaan dan peraturan Bupati lainnya termasuk kebijakan Bupati.

kalau berbicara tentang perencanaan Pansus hanya bisa memberikan rekomendasi kepada Bupati hasil LKPJ 2019. Memang Hasil LKPJ 2019 perlu diketahui Publick tapi bukan harus dilaporkan ke pihak Yudikative apalagi yang melaporkannya adalah anggota DPRD Minsel.

LKPJ hanya berbicara tentang kebijakan Bupati berdasarkan PP 13,” jadi meskipun LKPJ tidak dibahas oleh dewan tidak ada konsekwensi hukum , berbeda dengan Perda.” kata Rosa.

Sementara LSM INAKOR Minsel Noldy Poluakan menilai pelaporan yang dilaukan Lelengboto CS sudah ada unsur Pilkada 2020,

Menurut Poluakan Laporan Pansus LKPJ DPRD Minsel, kami menduga hal ini sarat dengan muatan politik, karena anehnya saya belum pernah mendengar, melihat, membaca dan mengetahui di Indonesia ada anggota Legislative melaporkan kasus TIPIKOR ke instansi hukum manapun.

Lanjut Dia menuturkan” kalau memang ada temuan dugaan korupsi kenapa tidak laporkan saja BPK kan sudah di Audit oleh BPK jadi kalau ada temuan laporkan saja BPK nya, belum lagi kalau melaporkan hal seperti itu apa sudah dapat rekomendasi dan sejenisnya oleh ketua dewan, aneh kenapa baru kali ini ada laporan seperti ini di Minsel ” kata Poluakan.

Kami sangat sepaham dan setuju jika kita bersama-sama mengawasi, mengawal dan melaporkan setiap program pemerintah termasuk melaporkan jika ada dugaan kasus korupsi ke instansi hukum, INAKOR Minsel seribu persen mendukung. tapi kami tidak mau kalau semangat dan nafas serta marwa untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam pemberantasan TIPIKOR di susupi dengan kepentingan tertentu.

Sementara Ketua Pansus LKPJ 2019 Frangky Jiro Lelengboto yang hendak dikonfirmasi dikediamannya meski sempat ketemu dengan keluarganya, tapi berdasarkan informasi frato tidak berada dirumah,” Bapak berada dikebun, dan lokasinya sangat jauh,”kata istri dan anak Frato.(Hape)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *